Review Batman v Superman: Dawn of Justice (2016)

Yes, finally. Batman dan Superman dalam satu film live action (bukan animated). Para pecinta film superhero sudah terlalu lama menunggu untuk yang satu ini. Dan keluar juga ni film dengan judul Batman v Superman : Dawn of Justice (2016) yang rilis tanggal 23 Maret lalu.

Ya, ada SPOILER di sini. You have been warned, people.

Storyline

Hmm, well this film is in balance of very good and very forced-to-be-looked-good. Tapi secara keseluruhan, plot nya mantap. Walaupun ada beberapa scene yang terlihat dipaksakan untuk mencakup beberapa cameo dari karakter superhero DC comic (Cyborg, Flash, dan Aquaman).

Zack Synder, sang sutradara, menyajikan film yang dark, gritty, dan full action-packed. Tapi emang film-film nya dia punya aliran yang kayak gitu. Lihat aja film 300 (2006) dan Watchmen (2009). Dan sepertinya Synder mengikuti “saran” dari Christopher Nolan untuk membuat adegan serealistis mungkin, tanpa CGI. #ups

Untungnya, penulis naskah David S Goyer juga ikut turun tangan dalam film ini. Dia emang jago dalam membuat naskah film yang realistis dan feel-nya dapat banget.

Setting tempatnya agak terlihat aneh ketika Gotham dan Metropolis hanya berseberangan. Seolah2 kedua kota itu tetanggaan. Padahal di komik mereka tidak sedekat itu.

Adegan pertarungan antara Batman dan Superman terinspirasi dari film animated The Dark Knight Returns Part 2.

Characters

Dan yang paling bener2 berubah adalah Batman kills people. Dafuq? Bener2 ga ketebak blas. Batman-nya Christopher Nolan yang dijadikan trilogi (Batman Begins/The Dark Knight/The Dark Knight Rises) mengikuti permainan Batman seperti di komik. Tapi yang satu ini bener2 memBUNUH! Damn!

Ben Affleck sebagai Bruce Wayne dan Batman asli keren. Akting nya bener2 bagus. Jeremy Irons sebagai Alfred, just plain damn good. Bravo. Chemistry antara Bruce Wayne dan Alfred juga bagus, tidak dipaksakan dan terkesan natural.

Beberapa dark humor yang mungkin dipaksakan, namun bisa di-smooth-kan oleh aktingnya Jesse Eisenberg sebagai Lex Luthor. Damn, karakter Lex Luthor juga bener2 beda banget dengan di komik.

Luthor di film ini lebih ke arah spektrum eksentrik dan ga ada empati. Terlihat dari tindakan pengebomannya di ruang pengadilan, oh my Oreo adegan itu. Dia bahkan sengaja menyuruh sekretaris cantiknya menunggu di dalam ruangan itu. HE. IS. DAMN. EVIL.

Gal Gadot bisa membuktikan aktingnya lebih dari film Fast and Furious 4,  Fast Five dan Fast and Furious 6 yang memerankan Diana Prince AKA Wonder Woman. Tapi sepertinya masih ada yang kurang untuk menonjolkan sisi Wonder Woman-nya, tapi untuk kemunculannya pertama kali setelah absen untuk dekade lamanya, oke lah.

Henry Cavill sebagai Superman is good, tapi sebagai Clark Kent is not so much. Aktingnya ketika memainkan Kent masih kurang menonjol. Malah ketika dia memainkan si manusia baja terlihat lebih mendalam dan personal.

Cinematography

Sepertinya saturation dan hue dari film 300 dan Watchmen mengikuti. Synder loves that, I guess. Pengambilan gambar oke, seperti adegan dramatis direkam dengan shoulder-to-face, slow motion untuk adegan pembunuhan orang tua Wayne dan dream sequence yang ada.

Wayne kecil yang terjatuh ke sumur direkam dalam CGI juga lumayan, walaupun terlihat berlebihan. Semua spesial efek dan CGI terlihat halus sekali. All hail to Special Effects team.

Overall Rating

Melihat semua adegan, akting dan ceritanya maka diputuskan ratingnya antara skala 1 s.d. 10 adalah 7,9. Berarti recommended untuk ditonton. A must-see superhero film of 2016, just saying.

Oke, sampai disitu aja. Thanks for reading this, and always keep reading books.

 

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s