Review Captain America: Civil War (2016) | No Spoilers

Sebagai film pembuka Marvel Cinematic Universe (MCU) Phase 3, Captain America: Civil War bener2 memenuhi kriteria gimana seharusnya film2 superhero dibuat dalam abad ini. Batman v Superman is now officially rubbish. Sorry, Snyder. (not really)

Sebelum lanjut baca, tenang aja, di sini NO SPOILERS!

Storyline

Anthony dan Joe Russo (sutradara) berhasil membawakan film superhero Marvel yang bener2 memukau. Plot film ini dikemas dengan matang dan terasa dekat dengan dunia kita atau bahasanya ada kedekatan dengan realita di dunia nyata.

Thank you, Christopher Markus and Stephen McFeely (screen writers). Adegan tiap adegan seperti membuat semua penonton makin penasaran dan tidak ingin melewatkan satu pun. (Hold that bladder, people. Pee when it’s over.)

Dan adegan yang paling bener2 memukau adalah adegan pertarungan di bandara. Action-nya sangat teratur, terkoreografikan dengan baik, dan setiap karakter memberikan aksi2 yang bisa bikin penonton tertawa, tegang, dan tersenyum.

Untuk ending nya, Cap dan Iron Man bener2 mencuri emosi para penonton dengan adegan yang heart-breaking dan breath-taking. Menyimpulkan dan menutup film memang cukup sulit, tapi untuk yang satu ini akan membuat kamu semua berpikir terus untuk waktu yang lama.

Penulis setuju kata2 aktor Anthony Mackie (played Sam Wilson AKA Falcon) bahwa film ini seperti The Avengers Part 2.5, hanya saja tanpa Thor dan Hulk. Kalo mereka bedua ada, film ini kelar di pertarungan bandara. They ‘re just too damn strong.

Characters

Setiap superhero kebagian kesempatan untuk screen time dan terasa emosional di setiap adegan2nya. Sutradara memberikan kesempatan setiap karakter untuk bermain di setiap adegan tanpa sia2. Setiap karakter dapat dikatakan menonjol untuk adegan mereka tanpa menyimpang dari cerita utama film ini.

Banyak karakter2 yang baru muncul seperti CIA liaison Everett Ross, Secretary of State Thaddeus E. Ross, Black Panther, dan Spiderman. (Yeah, he’s back, baby.)

Karakter Black Panther dan Spiderman ternyata lebih matang dibawakan dan pas sekali untuk memberikan penonton sebuah pengawal cerita yang singkat.

T’Challa AKA Black Panther holy molly, asli keren banget aksi berkelahinya. Peter Parker AKA Spiderman di film ini bener2 plek dari komik. Karakternya, gelagatnya, cara bicaranya, bener2 sesuai dengan di komik. Thank you so much, Marvel. I love it.

Sayangnya, kelemahan Marvel seperti di film2 sebelumnya adalah  karakter untuk villain/penjahat. Tampak kurang matang untuk karakter penjahat yakni Helmut Zemo. Walaupun cukup untuk memberikan alasan mengapa dia seperti itu, tapi kurang untuk memberikan dorongan besar pada film sebesar ini.

Nampaknya Marvel tidak ingin buru2 untuk membuat Zemo menjadi musuh besar yang terlihat tegas dan kediktatoran seperti di komik Marvel.

Cinematography & Film Scores

Seperti di film Captain America: The Winter Soldier (2014), sutradara masih memakai highlight dan tone warna film yang sama untuk memberikan “rasa” realistis.

Adegan pertarungan di bandara sebelum terjadi, ketika mereka berlari2 (ada di trailer kok), terasa bagus sekali. Mendapatkan semua pandangan ke semua karakter dan langsung beralih ke close shots untuk detail kelahi2nya.

Penulis menyukai pengambilan gambar ketika memunculkan karakter Peter Parker ke layar di MCU untuk pertama kali (setelah dibeli kembali hak cipta film yang sebelumnya dimiliki oleh Sony Pictures). Hype all the way.

Film score dirasa cukup bagus, tapi sayangnya tidak menyediakannya untuk karakter2 tertentu ketika mereka muncul di layar seperti yang dilakukan pada film Avengers: Age of Ultron (2015).

Note: film scores adalah musik original yang digunakan pada film.

Overall Rating

*drum rolls*

Setelah melihat, berpikir, dan 2 jam retrospeksi diri, maka penulis memutuskan untuk memberikan rating 8,6 dari 10.

Okay, that’s it. Thank you for reading this, and always keep reading books.

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s