9 Hal Penting Captain America: Civil War (2016)

SPOILERS ALERT!

9 hal penting di film Captain America: Civil War (2016) yang (mungkin) belum kamu tahu.
Mari disimak.

1. Dynamic Relationships of Love
-Tony & Pepper
Ini cukup mengejutkan juga, mereka berdua berpisah untuk sementara. Pepper sepertinya ga terima begitu aja kalo Tony ikut ambil kesalahan dalam Battle of Sokovia di Avengers: Age of Ultron (2015). Ini memberikan dinamika realistis hubungan mereka, karena sebelumnya terlihat begitu biasa sih.
Adegan pas Tony lihat di telepromter ada nama Pepper Potts, di mana dia terlihat emosional (hampir mau nangis), dan dia tahu Pepper ga datang dan hubungan mereka saat itu…oh Marvel, the feels, man.

-Wanda & Vision
Di komik mereka menikah, dan di film mereka masih “pemanasan” lah. Terlihat, Vision sepertinya berusaha untuk membuat Wanda nyaman dan tersenyum. Walaupun caranya agak aneh, ya mau gimana, dia android bro. It’s sad though, di ending Vision terlihat menyesal karena Wanda dipenjara karena melawan perjanjian Sokovia Accord.
Rasanya fresh ya melihat Vision tampak emosional di film ini. Dengan perasaan sayang dan bersalahnya dengan Wanda, serta kesalahan fatalnya yang menyebabkan Rhodey jatuh.

-Steve & Sharon
Oke, kalo mereka harus di-ship. Agak telat juga romansa mereka baru muncul sekarang, tapi nuansanya pas banget. Apalagi adegan mereka bedua kissing, aah you rebuild my hope, man. (Ekspresi Sam dan Bucky melihat mereka bedua kissing, LOL. Boys will be boys.)

2. Superheroes Meet Politics
Di film menggunakan istilah Sokovia Accord untuk perjanjian antara United Nations dan superheros di dunia, sedangkan di komik, Civil War menggunakan istilah Superhero Registration Act yang mengharuskan semua superhero untuk mengungkapkan identitas ke publik dan bekerja di bawah naungan pemerintah USA.

Secretary of State Thaddeus Ross (sebelumnya berpangkat jenderal di film Incredible Hulk [2008]) muncul pertama kali di MCU setelah 8 tahun absen. Film ini memberikan pandangan yang seimbang dari dirinya, karna dia tipe2 orang yang anti-superheroes.

Everett Ross juga muncul (ga ada relasi dengan Thaddeues Ross) sebagai CIA liaison yang memiliki pengaruh di UN. Diperankan oleh Martin Freeman dan karakternya terlihat berpotensi untuk MCU ke depannya. Karakternya juga sarkastik, seperti di komik.

Note: Martin Freeman dan Benedict Cumberbatch bermain di tv series BBC’s Sherlock ikut andil dalam MCU di mana Martin sebagai Everett Ross dan Benedict sebagai Stephen Strange di film Doctor Strange (2016).

3. Tony & Steve Are Motivated By Death
Steve lagi galau setelah mendengar bahwa Avengers harus menandatangani Sokovia Accord, apalagi ditambah perempuan yang dicintainya dan tak bisa dimilikinya, the one and only, Peggy Carter. Sang ponakan, Sharon Carter (Agent 13 di film Captain America: Winter Soldier) membacakan eulogy untuk sang bibi tersayang. Kata2 Peggy ke Sharon mengenai kompromi dan membela apa yang benar, membuat Steve yakin untuk tidak menyetujui perjanjian itu.

Tony di lain pihak malah emosional setelah berhadapan dengan seorang ibu dari Charles Spencer yang meninggal akibat Battle of Sokovia dari Avengers: Age of Ultron (2015). Dia juga mengetahui bahwa Howard dan Maria (orang tuanya) mati di tangan Bucky Barnes AKA Winter Soldier pada 16 Desember 1991. Dan mengakibatkan dia untuk melawan Steve dan Bucky di sequence akhir.

NB ada yang suka adegan Tony menggunakan teknologi neuro visual transmitter di mana memperlihatkan adegan dia dan orang tuanya sebelum mereka pergi?

4. Blue Serum or The Source
Ketika Winter Soldier berhasil membunuh orang tua Tony, dia mengambil serum berwarna biru di bagasi. Nampaknya itu adalah The Source yang dibuat untuk meningkatkan kekuatan fisik dengan efek samping yakni amarah yang tidak dapat dikontrol.

Pada awalnya penonton dibawa kesan bahwa Zemo akan menggunakan serum itu ataupun Winter Soldier lainnya yang masih tertidur untuk digunakan dirinya sendiri. Namun dugaan itu salah karna dia seperti yang dikatakannya, “I’m going to destroy an empire.” Sekalipun begitu, dia telah membuka “jalan baru” untuk dirinya bahwa dia bisa memanipulasi Avengers untuk menghancurkan mereka sendiri dari dalam.

5. The Black Panther and Wakanda
Pertama kali diperkenalkan karakter T’Challa AKA Black Panther untuk live-action movie. Bersama ayahnya, King T’Chaka, mereka berdiplomasi di United Nations untuk mengajukan Sokovia Accord untuk diwujudkan. Namun, terjadi pemboman yang mengakibatkan kematian sang raja. Dan Bucky dituduh atas pemboman itu, padahal Zemo pelakunya.

Negara penyedia vibrarium, Wakanda juga diperlihatkan hanya lewat peta saja, namun memberikan MCU untuk mempersiapkan ke film Black Panther (2018) nanti.

Memang beda banget di komik, di mana King T’Chaka harusnya mati di tangan Ulysses Klaue (muncul di Avenger: Age of Ultron sebagai pedagang black market) dan Wakanda masih menjadi negara tertutup dari dunia luar.

Kostum Black Panther yang digunakan dibuat dengan gabungan antara fiber dengan vibrarium maka jadi anti peluru, dan vibrarium claws juga keren.

6. Spiderman Is Home
Yes, Spiderman is back home to Marvel Studios. Sebelumnya diperankan oleh Tobey McGuire dan Andrew Garfield, untuk satu ini bener2 bagus dan asli seperti di komik. Tom Holland berhasil memerankan sosok Spidey yang remaja dan gaya bicara yang humoris.

Kostum Spiderman di film ini terinspirasi dari kostum original Spiderman di komik Marvel yang rilis pada 1962 dengan sedikit perubahan.

Peter juga mengungkapkan bahwa dia “baru 6 bulan memiliki kekuatan ini”, yang berarti ini merupakan versi film pertama Spiderman yang belum langsung memiliki musuh sendiri.

Aunt May yang dipernakan oleh Marisa Tomei juga muncul dan versi yang ini lebih muda dari pada dua aktris sebelumnya. Untung, Uncle Ben belum disebut2 ya, karna Marvel sepertinya menyimpan untuk film Spiderman: Homecoming (2017). Ditunggu saja filmnya.

7. Ant Man / Giant Man Steals The Scene
Setiap film pasti ada yang memberikan “bumbu” komedi utama, kalo film ini cuma satu: Ant Man. Mulai muncul aja udah becandaan aja bicaranya. Gaya humor nya itu santai dan jujur, dan itulah yang membuat Ant Man lebih menarik di mata penonton.

Apalagi kostumnya juga baru, dan dia akhirnya menggunakan tombol biru untuk memperbesar diri menjadi Giant Man ketika adegan pertarungan di bandara. Yes!

Di komik ataupun di seri animasi, dia jarang mengecilkan tubuh untuk menjadi Ant Man ketika pertarungan, lebih banyak menggunakan serum biru untuk memperbesar diri.

8. The Raft (Is One of Four)
Di dunia komik Marvel ada 4 penjara dengan tingkat keamanan yang tinggi: The Big House, Cube, Vault, dan Raft.

Big house: Penjara khusus buatan Hank Pym yang memiliki ukuran kecil untuk supervillains.

Cube: Penjara khusus untuk supervillains yang memiliki kelainan mutasi radiasi gamma. (musuhnya Hulk semua)

Vault: hanya untuk superhumans, atau mutan, terletak di lokasi terpencil.

Raft: tingkat keamanan yang paling tinggi daripada ketiga lainnya. Khusus untuk supervillains yang dianggap terlalu berbahaya jika bergerak, berbicara, ataupun beraktivitas. Sehingga setiap narapidana dikhususkan untuk memiliki masing2 penahanan tertentu.
Tapi di film ini, The Raft tidak terlalu aman, karna Steve dapat menerobos masuk untuk membebaskan Avengers lain yang berada di timnya: Falcon, Hawkeye, Ant Man, dan Scarlet Witch.

9. Mid-Credit Scene
Berlokasi di Wakanda, Bucky memilih untuk cryo-sleep (tidur seperti Sleeping Beauty dengan es) untuk dirinya agar tidak menimbulkan masalah untuk orang lain. Dibantu dengan T’Challa, Steve berterima kasih atas bantuannya. Namun dia juga memperingatkan T’Challa bahwa akan ada bahaya mendatangi Bucky. Respon T’Challa? “Let them try.”  (oh he’s such a badass)

videonya di link website ini: http://www.cosmicbooknews.com/content/captain-america-civil-war-mid-credits-scene-leaks-online

Untuk post-credit scene penulis ga lihat, jadi lihat di situs ini aja: http://www.cosmicbooknews.com/content/captain-america-civil-war-post-credit-scene-leaks-online


Oke, itu aja 9 hal pentingnya. Kalo ada ide2 dari kalian, silahkan komen.

Thanks for reading this, and always keep reading books.

Review Captain America: Civil War (2016) | No Spoilers

Advertisements

One Comment Add yours

  1. jaggsinopsis says:

    nice info..
    jd membukakan pikiran saya..
    tp salut sama captain yg ttp memegang teguh keadilan sejati..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s