#WhoWon : Spotify vs SoundCloud

Udah ga asing sih, kedua layanan online streaming audio yang menyediakan perbedaan kualitas layanan tapi dengan tujuan sama: supaya kamu bisa denger musik (gratis).

Dengan plus-minus masing2 layanan, manakah yang paling terbaik? #WhoWon?
Sebelum dijawab, kita breakdown sama2 layanan mereka dengan memberikan poin.

Akses Layanan

Keduanya menyediakan aplikasi untuk perangkat berbasis Android OS dan iOS. Juga menyediakan web player buat yang ga punya hape, tapi punya laptop.

Spotify menyediakan akses tambahan seperti aplikasi desktop, player di Playstation®️, dan lain-lain (yang penulis malas tulis). Sedangkan SoundCloud hanya menyediakan SDK-nya untuk dikembangkan ke pihak ketiga (third party) untuk dibuat aplikasi desktop dan lainnya, contoh: SoundNode. Dan kualitas nya tidak terlalu bagus, karena aplikasi third party itu banyak nge-lag dan kecepatan akses nya tidak bagus.
Spotify: ✅
SoundCloud:

Jenis Layanan

SoundCloud dengan jelas2 menerangkan bahwa mereka akan selalu menyediakan konten yang gratis/free/no money/no cry #eh.

Spotify menyediakan dua layanan, gratis dan premium. Untuk layanan premium, mereka mematok harga USD9,99 (Rp133 ribu) per bulan. Tapi, semenjak layanan ini resmi di Indonesia pada Maret lalu, customer hanya perlu membayar Rp49.990 per bulan. #asik #gajugasih

Pembayaran Spotify Premium dapat melalui kartu kredit, internet banking, Doku Wallet, serta jaringan Alfamart, Lawson, dan toko Dan+Dan di seluruh Indonesia. Untuk, pembayaran lewat operator seluler akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan.

Khusus untuk pengguna yang memilih metode pembayaran dengan kartu kredit, mereka akan memperoleh bonus gratis berlangganan Premium selama 30 hari.

Spotify: ✅ ✅
SoundCloud: ✅

Kualitas Audio

Nah, kalo ini perlu berdebat agak pendek karena cukup tahu saja bahwa layanan keduanya menyediakan perbedaan kualitas yang jelas sekali.

SoundCloud tidak menyediakan audio karena semua audio dari user, dan user yang memilih bagaimana kualitas audio yang di-share. Kalo bagus ya bagus, kalo jelek ya siap2 ke dokter THT.

Spotify juga tidak menyediakan audio karena semua audio dari studio resmi atau penyanyi nya langsung. Mereka juga berhak memilih kualitas audio yang di-share, namun untuk Spotify Premium kualitas audio yang disediakan lebih bagus.

Spotify: ✅ ✅ ✅
SoundCloud: ✅ ✅

UI & UX

Untuk user interface (UI) & user experience (UX) mereka hampir sama, tapi ada beberapa yang penulis menaruh perhatian. #ciee

Spotify :

  • repeat button ada dua tipe: repeat sekali dan berulang kali.
  • tidak bisa nge-like sebuah lagu, tapi bisa dimasukkan ke playlist user
  • playlist resmi Spotify yang di-update setiap hari, setiap beberapa jam sekali, menyesuaikan kondisi jam, contoh: playlist “Aduh, Macet Lagi!”.
  • Tracking lagu tetep atau tidak berpindah ke lagu terkait lainnya ketika suatu track/playlist selesai di-play, maka diulang di track/playlist itu.
  • Untuk Spotify Free, posisi iklan atau ads tidak mengganggu hanya menghalangi user untuk mendengar ketika tiba2 bukan lagu yang mereka dengar, tapi iklan2 selingan.
  • Spotify Free hanya menyediakan lagu2 yang diperbolehkan oleh mereka ke user untuk diperdengarkan. Kalo Premium, semua lagu yang ada sekitar 30 juta lagu untuk Spotify Indonesia.

SoundCloud :

  • repeat button hanya satu tipe: berulang kali.
  • bisa nge-like, nge-share, download, dapet embedded html-nya, dan masukkan ke playlist user.
  • Playlist resmi nya hanya Top 50. Itu pun kalo bagus, dan bukan dari cover songs.
  • Tidak ada ads/iklan.
  • Tracking lagu tidak tetep atau berpindah ke lagu terkait lainnya ketika suatu track/playlist selesai di-play.
  • gratis, gratis, dan gratis. #eh #bukanUI #bukanUX

Spotify: ✅ ✅ ✅ ✅
SoundCloud: ✅ ✅ ✅


Dan ternyata setelah di-breakdown satu per satu maka pemenangnya (sudah jelas) adalah Spotify dengan hasil nilai 4 centang dibanding SoundCloud dengan 3 centang.

Oke, itu dulu #WhoWon untuk saat ini.

Thanks for reading this, and always keep reading books.

#WhoWon : Vine vs Instagram vs Snapchat

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s