Mengapa Split Bukan Film Psycho-Thriller Biasa? (SPOILERS)

Film-film M Night Shyamalan memang selalu menampilkan endings yang susah untuk dimengerti, sehingga meninggalkan kesan yang membingungkan terhadap penonton. Dan Split mungkin tidak lepas dari hal itu. Ada informasi yang tersembunyi di plot film, latar belakang karakter yang mencekam, dan memiliki salah satu plot-twist terbaik dari Shyamalan semenjak The Sixth Sense (1999).

Split menceritakan tiga gadis SMA yang diculik oleh Kevin setelah berada di pesta ulang tahun. Kevin adalah seorang pria dengan 23 kepribadian yang berbeda, dua dari kepribadian tersebut memiliki agenda tersembunyi untuk menggunkan para gadis itu menjadi makanan The Beast. Ya, benar, ma-ka-nan.

Sebelum membaca lanjut, penulis memperingatkan bahwa di sini ada spoilers.
SPLOILERS—SPOILERS—SPOILERS!

  1. Kevin’s Story
    James McAvoy (yang masih botak semenjak X-Men Apocalypse) berperan sebagai Kevin, seorang pria biasa yang memiliki pengalaman masa kecil traumatis di mana ayahnya pergi meninggalkannya dan ibunya, lalu ibunya memperlakukannya dengan buruk.mv5bytdkm2viyzutzdhlos00mzzmlwjjndqtyzeyzmewzdc3mgvjl2ltywdll2ltywdlxkeyxkfqcgdeqxvymzm4mjm0nzg-_v1_Akibat dari hal itu, Kevin membuat kepribadian lain yang secara mental lebih kuat untuk menghadapi realitanya. Di film ini, gangguan kepribadian ganda (multiple personality disorder) tidak hanya berpatok pada sisi psikis, sisi fisik juga.Kevin mampu untuk mengubah kepribadiannya dan tubuhnya dengan mudah, seperti Denis yang OCD dan harus memakai kacamata, atau kepribadian lain yang membutuhkan insulin. Pada dasarnya, siapapun yang “duduk” di pikiran adalah yang memegang kontrol kepribadian, biasanya seperti kepribadian Barry.

    Di film, penonton diperkenalkan dengan kepribadian Dennis, Patricia, Hedwig, dan Barry, serta beberapa kepribadian lain. Dennis dan Patricia adalah kepribadian yang buruk dari Kevin, dan Barry berusaha untuk mendorong jauh mereka untuk menguasai Kevin, seperti meng-email Dr Fletcher untuk meminta pertolongan.

    Semua kepribadian yang ada, tampaknya tidak selalu dalam sisi yang sama. Mereka memiliki agenda tersendiri untuk melakukan sesuatu. Ketika kepribadian asli Kevin muncul, dia bahkan meminta Casey untuk membunuh dirinya sambil memberitahukan letak senjata shotgun dan peluru agar Casey menembaknya.
    Walaupun begitu, kepribadian yang lain tidak setuju, meminta Casey untuk tidak mendengarkan Kevin.

    Dennis dan Patricia berencana untuk melepaskan kepribadian ke-24 bernama The Beast. Kepribadian tersebut dijelaskan di film, namun tampaknya kepribadian tersebut didasarkan pada hewan di kebun binatang, di atas tempat tinggal Kevin berada.

    Pada babak ketiga (third act), The Beast keluar dan memakan kedua gadis, kecuali Casey dikarenakan masa lalunya. Setelah pembunuhan itu, Dennis, Patricia, dan Hedwig memiliki kontrol penuh atas tubuh Kevin serta mampu untuk memanggil The Beast kapanpun, membuat mereka seperti tipe karakter Dr Jekyll and Mr Hyde.

  2. Casey’s Dark Past
    Sementara film ini menumpukkan fokus pada Kevin, ada karakter lain yang latar belakangnya dijelaskan dan secara eksplisit diperlihatkan: Casey.
    Pertama ditampilkan, Casey (Anya Taylor-Joy) adalah gadis aneh yang selalu terlibat masalah dengan kemampuan sosialisasi yang kurang. Meski begitu, dia menunjukkan sifat proaktif dan pengertian di saat situasi memburuk.mv5bmje4nzq5mtyxmf5bml5banbnxkftztgwmte2mdy1ote-_v1_sy1000_cr0015521000_al_Karakter Casey memiliki sebuah kebenaran suram di balik latar belakangnya. Awalnya, penonton menebak bahwa ada masa kanak-kanak yang kelam bersama ayahnya ketika berburu di hutan. Namun, itu salah besar. Casey dicabuli oleh pamannya sendiri yang seorang pedhopilia. Adegan ketika pamannya dan dia bermain seloah-olah menjadi binatang buas memberikan pengaruh kuat ketika adegan The Beast dan Casey saling bertatap.Ceritanya memberikan kekuatan untuk berhadapan dengan ketakutannya, bukan menjauhi. Hal itu menjadi kontras dengan Kevin yang tidak dapat menghadapi masa lalunya yang kelam sehingga menciptakan banyak kepribadian untuk menghadapi realita dunia.
  3. About People Deal with Abuse
    Secara tema, Split menyuguhkan cerita mengenai orang-orang yang berhadapan dengan pelecehan dan penyiksaan. Casey dan Kevin adalah produk dari masa kanak-kanak yang tidak stabil dan normal sehingga membawa mereka menjadi orang luar (outsiders).mv5bzduzmdljmzatzgq3oc00ognhlwewndctyzy3ytfkmzjhzmyxl2ltywdll2ltywdlxkeyxkfqcgdeqxvymjy5odi4ndk-_v1_sx1777_cr001777738_al_Untuk Casey, hal ini ditampilkan dengan keinginannya untuk selalu menyendiri, dengan rasa kesepian dia mengatasi hal itu. Dia selalu terlibat masalah agar dia bisa dimasukkan ke kelas hukuman dan dijauhkan dari orang lain.Kevin merupakan versi ekstrim dari kasus ini, karena dia datang dari masa kecil yang lebih kelam di mana dia menekan semua rasa sakit yang ada dan sambil menekan rasa itu, dia menciptakan kepribadian-kepribadian baru untuk mengatasi traumanya.

    Ada hubungan yang menarik antara kedua orang tersebut. Casey mampu untuk mengambil sebuah pemahaman ambigu dari kepribadian non-stabil Kevin untuk mencoba menyelamat dirinya kabur, sementara The Beast tidak membunuh Casey karena The Beast melihat luka-luka dari menyakiti diri (self-harm) Casey.

    Penulis berpendapat bahwa M Night Shyamalan berusaha menyampaikan pesan di mana orang-orang yang menderita kesehatan mental diperlihatkan dengan rasa kesendirian, tidak bisa mengkoneksikan diri mereka dengan dunia atau lingkungan luar. Hal ini juga ditampilkan resolusi oleh Shyamalan bahwa dengan mencari dan menerima rasa kasih sayang dan pengertian dari orang lain.

    Sepanjang film, Kevin berempati dengan Dr Fletcher walaupun dokter itu mendapat cemoohan atau singgungan dari tetangga sebelah dan kolega-koleganya. Namun kepribadian Dennis menolak hal itu, dengan meyakinkan bahwa dia hanya butuh kenyamanan dari dirinya sendiri.

    Sedangkan, Casey belajar untuk mengingat dan menerima masa kecilnya yang kelam, dan membuat tindakan aktif nyata untuk melawan itu, serta memulai pijakan baru yang lebih baik. Terlihat di awal film, Casey enggan menerima pertolongan untuk diantar pulang, dan dia menerima pertolongan dari orang asing keluar dari basement setelah dia terluka menghadapi The Beast. Genius, Syamalan. Genius.
    Jadi, film ini berceramah tentang penerimaan dan keterbukaan terhadap diri sendiri dan orang lain.

  4. In the Same Universe with Unbreakable (2000)
    Adegan akhir di mana seorang reporter melaporkan kejadian penculikan dan pembunuhan, serta memberi nama pelaku kejahatan (Kevin) sebagai The Horde. Dan camera sliding in di dalam sebuah diner (tempat makan), memperlihatkan Bruce f- Willis. Dia sempat menjawab pertanyaan seorang wanita di sebelahnya yang penasaran bahwa kejadian film ini mirip dengan kejadian beberapa tahun lalu yang mana pelakunya pria berkursi roda, tentu saja Willis menjawab “Mr. Glass”.
    Holy f- s-.
    Ini resmi Unbreakable dan Split berada dalam satu semesta film.split-movie-ending-spoilers-bruce-willis-unbreakable-2-2263638a11c4bc0bf27227_mcdunbr_ec020_hUnbreakbale (2000) adalah film M Night Shyamalan yang menampilkan cerita superhero dengan nada film kelam dan berbeda daripada film superhero kebanyakan, karna lebih personal dan memiliki nilai realita yang orisinil.
    This is a proper f- plot-twist.
    Kalo belum tahu film Unbreakable, lebih baik kamu nonton sekarang. It’s f- epic.

    Dengan kesamaan semesta Unbreakable dan Split berarti mengubah keseluruhan inti cerita film yang mana Split bukan psycho-thriller semata, namun sebuah cerita asal-usul supervillain. Oh s-.

    Apa artinya untuk Unbreakable ke depannya masih belum jelas, tapi yang pasti kesamaan semesta dan lingkup ceritanya sudah jelas. Nampaknya akan menampilkan film ketiga di mana penonton mungkin akan melihat aksi Dunn (Bruce Willis) dan The Beast (James McAvoy) beserta Mr Glass (Samuel L Jackson).

    Apapun ceritanya yang bakal tampil, Shyamalan harus membutuhkan plot-twist untuk mengalahkan yang satu ini.


     

    Hai, terima kasih udah membaca artikel Film Analysis ini. Nantikan artikel-artikel selanjutnya.

    As always, keep reading books.

Advertisements

6 Comments Add yours

  1. Haifa says:

    Suka banget sama review nya. Pas. Bahasanya enak. Kebetulan habis nonton film ini. Dan beberapa prespektifmu emang benar. Casey dan Kevin sama sama punya masa kecil yg suram. Dan keduanya punya cara menyembuhkan trauma yg berbeda. Hbs baca reviewnya, langsung ngeh bgt sama film ini. Sempet cari2 artikel lain. Tapi kayaknya ini yang paling pas. Apalagi disinggung sama kaitannya dg unbreakable tahun 2000. Duh habis ini mau lanjut nonton unbreakable kayaknya. Hehe

    Liked by 1 person

    1. hanifmskr says:

      Makasih banyak 🙂 seneng denger klo artikel saya paling pas

      Liked by 1 person

  2. Ari says:

    Bberapa tahun yang lalu sempet nonton Unbreakable tapi cuma setngah doang sih dan itu juga saya udah lupa hehehe. Dan baru aja nonton split. Penasaran akhirnya buka wikipedia ttg film split krn pake bhs inggris jadi males bacanya hahaha dan sempet ngeliat sekilas ada disebutin ttg film unbreakable terus sekuel nya dan film ke 3. masih belum “ngeh” tapi setelah nemuin artikel ttg review film split ini langsung ngeh. hhmmm jadi ini film ke dua dari shyamalan dan bakal ada yg ke 3(sekuel nya) yg mana diperkirakan bakal mempertemukan kevin dengan pemeran di film unbreakable yg lain? whoah jadi gak sabar. thanks ya buat review nya. jadi gak kudet nih hehehe

    Liked by 1 person

  3. Analisis dan review yang keren dan jelas.. Jadi gak gantung dipikiran..
    Makasii gan!! 🙋🙋

    Like

  4. Indera SW says:

    ada yg ngerasa g? anak kecil di gerbong kereta pas awal film Unbreakable itu Casey sewaktu kecil?

    Like

  5. dropdead says:

    Udh gw tebak klo split ini bakal ada sequelnya,cuman yg gw tebak itu nantinya si casey yg jadi kepribadian ganda yah karena perilaku masa kelam yg menimpa dirinya dan PENULIS bilang bahwa casey bisa menerima masa lalunya…? Klo opini gw pribadi gal juga karena dari casey menyendiri dan kurang sosialisasi sama orang itu kaya negbuktiin klo dia masih belom percaya orang lain,masih belom move on lah dari masa lalunya (itu opini gw pribadi).ehh jreng2 ternyata malah sekuel spllit ini malah berhubungan ama unbrekable .padahal gw( berharap)banget casey yg dapet kepribadian ganda (mau liat reaksinya gimana klo seorang wanita yg punya gitu)

    Dan btw ada momen yg masih gw bingung yaitu yg pas 3 gadis itu di culik mereka kok gak sadar atau ngeh klo yg nyulik sih kevin itu punya kepribadiannganda,soalnya mereka hanya bingung kaya contoh dari pria berkemeja (dennis) ke perempuan (lupa) namanya,jadi mereka hanya kaya ngeliat orang yg bertingkah aneh gitu daong ,harusnya kan mereka ngerasa BENER BENER aneh kok bisa perilaku laki2 bisa jadi perempuan atau yg lainya dengan cepat dan casey pun juga gak sadar secara langsung,casey hanya ngambil celah ke edwin dan mencoba memfokuskan perhatianya ke edwin biar gak ganti ke pribadian yg lain.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s