Apa Makna Tersirat dari Thor Ragnarok? (SPOILERS)

Di balik semua komedi dan keseruan dari Thor: Ragnarok (2017), ada makna tersirat yang membuat film ini lebih bagus lagi.

SPOILERS HERE.

RECAP

Thor kembali ke Asgard setelah dari perjalanannya mencari Batu Akik (Infinity Stones) yang malah membuatnya terjebak di wilayah Surtur sang iblis api. Dia malah menemukan Loki menyamar sebagai Odin dan memanipulasi cerita di mana Loki adalah sang pahlawan yang gugur.

Kemudian, Odin mati. Hela sang kakak tertua, yang kebetulan sang dewi kematian kembali ke dunia, terlepas dari rumah tahanan Odin. Hela menghancurkan Mjolnir, karena itu Thor dan Loki kabur.

Lalu Hela membuat Thor dan Loki salah belok ketika terbang di dalam Bifrost, membuat mereka berdua terjebak di planet Skaar di mana dikuasai oleh seorang DJ luar angkasa bernama Grandmaster.

Thor tak menyangka bertemu Hulk di planet tersebut. Thor berkelahi dengan Hulk. ThenThor dan Hulk are bestbuds.

Thor, kemudian, membentuk tim ravengers untuk menyelamatkan Asgard dari Hela. fuiih, what an adventure.

mv5bmtewnzq1odcwnzdeqtjeqwpwz15bbwu4mdkynje4mdqy-_v1_sx1777_cr001777744_al_
Ravengers.
  • How We Deal With Our Own Past

Thor Ragnarok menampilkan Hela yang mengalahkan semua pasukan Asgard sendirian, dan menguasainya dengan memberikan nuansa rasa takut dan kediktatoran.

Penonton pun mengetahui bahwa Hela dan Odin menguasai Sembilan Kabupaten (Nine Realms) dengan peperangan berdarah dan konflik. Inilah yang menjadi Hela merupakan perumpamaan ‘masa lalu’ yang ingin kembali ke masa kini. Bahwa masa lalu tidak ingin dilupakan dan berusaha kembali ke masa kini untuk mengembalikan Asgard ke masa kejayaan kediktatoran pada masa lalu.

Bahkan beberapa karakter di film ini memiliki masa lalu yang membuat mereka “terjebak.”

Bruce Banner menjadi Hulk selama 2 tahun karena dia tak ingin menghadapi realita di mana dia harus menerima konsekuensi dari tindakan Hulk. Dan hanya ketika dia melihat video rekaman komunikasi dengan Black Widow, Banner pun bisa kembali.

Avengers.Age.of.Ultron.2015.720p.WEB-Dl.900MB.Ganool.com.mkv_snapshot_02.04.31_[2017.11.09_00.39.19]
Hulk/Banner sees Natasha on comm-screen.
Valkyrie mengalami trauma setelah kehilangan sesama saudari prajurit Valkyrie dalam pertarungan dengan Hela sehingga membuat dirinya menjadi satu-satunya yang selamat. Sehingga itulah dia menolak untuk mengakui dirinya seorang Valkyrie. Dan hanya ketika dia menghadapi langsung masa lalunya, dia bisa move on dan setuju untuk membantu Thor untuk menghentikan Hela.

mv5bzmnmy2flzwytzjq1oc00mgnmltg1n2utnziwn2u2zdflowvjxkeyxkfqcgdeqxvyndqxnjcxnq-_v1_sx1777_cr001777738_al_
Valkyrie survived the attack on Hela by the help of one of her Valkyrie sister.

Loki masih terjebak dari bayangan masa lalu di mana di bawah bayang-bayang Thor. Karena dia hanya menginginkan Thor mengakuinya sebagai seorang yang setara. Namun Thor mengatakan bahwa dia tak peduli lagi dengan Loki, dan membiarkannya untuk menentukan masa depannya sendiri.

Saat itulah, Loki sadar bahwa untuk maju ke depan, dia harus berhenti berbohong dan mengubah dirinya ke arah yang lebih baik lagi. Karena itu dia datang dengan para petarung Skaar dan pesawat luar angkasa besar ke Asgard. Bahkan Loki mengikuti rencana Thor untuk membangkitkan Surtur dengan Eternal Flame agar Hela dapat dihentikan.

Asgard is not a place, it’s a people.”

-Odin

 

  • Idea of Place and People

Dalam peradaban kebudayaan manusia, wilayah merupakan salah satu hal yang mengakar dalam konteks identitas orang dan budaya. Sehingga ikatan antara wilayah dan masyarakat sangatlah kental dan kuat.

Sama halnya, Asgard dan Asgardians yang menjadi suatu ikatan kuat. Hela melihat Asgard sebagai tempat yang menjadi suatu simbol kekuatan dan kekuasaan sehingga tak melihat Asgardians sebagai hal yang utama, terlihat seberapa kekejamannya ke mereka, terutama ketika membunuh Warriors Three dan pasukan Asgard.

David Campbell dalam presentasinya di TED Talks, mengatakan bahwa ikatan antara wilayah dan masyarakat itu sangat kuat, sehingga bilamana masyarakat melihat orang lain dari wilayah lain, mereka melihat orang lain tersebut sebagai lawan, musuh, atau antagonis dalam pikiran mereka. Hal ini berlaku dalam hal sosial, politik, dan geo-politik, serta pertahanan wilayah.

SO…

Bagaimana dengan Thor? Di film, Thor nampak tak memiliki “jebakan” masa lalu. Namun, Thor kehilangan mata kanannya.

Dalam mitologi Nordik, Odin mengorbankan mata kanannya untuk mendapatkan kebijakan dan ilmu pengetahuan.

Dalam Thor Ragnarok, Thor kehilangan mata kanannya setelah dia sadar bahwa bukanlah wilayah yang penting, namun orang-orang lah yang penting.

Setelah memiliki kesadaran tersebut, Thor dengan keputusan yang berani untuk menghentikan Hela dengan membangkitkan Surtur yang menghancurkan dunia Asgard. Thor has moved on.

mv5bnjriyjyzmzetnmzmoc00mza0lwewyzutnzk3njzmnjvmotg4xkeyxkfqcgdeqxvyndqxnjcxnq-_v1_sx1777_cr001777738_al_
Asgard is destroyed by Surtur the Fire Demon.

Satu-satunya perumpamaan/metafora yang cukup terlihat adalah ketika Thor dan Hela bertarung di akhir film, yang mengisyaratkan ‘masa depan’ (Thor) versus ‘masa lalu’ (Hela).

Setelah Thor dan Asgardians selamat dari peristiwa Ragnarok, sekarang mereka memiliki kesempatan untuk bergerak ke depan untuk mengubah nasib dan kebudayaan mereka sesuai pilihan mereka sendiri tanpa “jebakan” masa lalu kelam Asgard.

Thor Ragnarok mengingatkan kita bahwa film ini merupakan bagaimana kita masyarakat memiliki pengertian dalam hal sosial, nasional, dan identitas orang dalam konteks masa lalu kita.


Terima kasih sudah membaca artikel Film Analysis ini. Silahkan komen, kritik, dan saran.

As always, keep reading books.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s