Logan (2017) Review | Salam Perpisahan yang Sempurna untuk Wolverine

Logan (2017) di mana peran terakhir Hugh Jackman sebagai Wolverine sekaligus sebuah “salam perpisahan” yang sempurna untuknya. Film ini disutradarai oleh James Mangold, dan dibintangi oleh si legendaris Hugh Jackman, Patrick Stewart, Dafne Keen, Boyd Holbrook, dan Richard E Grant. No spoilers here.

Bagaimana Silence Membawa Isu Agama dan Keyakinan? (SPOILERS)

Yes, seorang sutradara The Last Temptation of Christ (1988), Goodfellas (1990), dan The Wolf of Wall Street (2013) yang legendaris telah merilis sebuah film tentang pendeta Jesuit di Jepang yang mana sutradara tersebut terobsesi selama dua dekade. Dia adalah Martin Scorsese. Silence (2016) berdasarkan buku yang berjudul sama, diterbitkan pada 1966 oleh penulis Jepang-Katolik legendaris Shusaku Endo. Di…

Mengapa Split Bukan Film Psycho-Thriller Biasa? (SPOILERS)

Film-film M Night Shyamalan memang selalu menampilkan endings yang susah untuk dimengerti, sehingga meninggalkan kesan yang membingungkan terhadap penonton. Dan Split mungkin tidak lepas dari hal itu. Ada informasi yang tersembunyi di plot film, latar belakang karakter yang mencekam, dan memiliki salah satu plot-twist terbaik dari Shyamalan semenjak The Sixth Sense (1999). Split menceritakan tiga…

Mengapa Arrival Adalah Film Sci-Fi yang Berbeda? (SPOILERS)

Arrival (2016) disutradarai oleh visioner visual Denis Villeneuve, dan dibintangi oleh si awet cantik Amy Adams dan Hawkey-oh, I mean Jeremy Renner. dammit. FYI: Denis Villeneuve menyutradarai Blade Runner 2049 (2017), bakal tayang Oktober tahun ini. Jadi, nantikan stunning visual dan incredible story dari filmnya. Buat sekedar info saja di artikel ini ada SPOILERS.

Apa yang Membuat La La Land Terlihat Menarik? (SPOILERS)

La La Land (2016) sudah tayang dari tahun lalu, hanya saja Indonesia selalu telat menayangkan film-film bagus. Maka dari itu, penulis tidak menulis review/kritik melainkan membuat sebuah analisa film La La Land. So, SPOILERS alert!!! Buat yang belum menonton, penulis sarankan nonton dulu, tapi kalo kamu tidak bermasalah dengan SPOILERS, silahkan baca saja analisa film…

Nocturnal Animals (2016) Review | Ketika Kenangan Menjelma sebagai Balas Dendam

Ada film yang mendapat kurang perhatian dari masyarakat banyak, namun sudah dijamah oleh para kritikus film. Memang kalo film indie (independent) pada umumnya kurang mendapat perhatian layaknya anak tiri. Sorry, no judgement tho. Mendapat keuntungan box office yang masih di bawah budget film mungkin memang bukan alasan untuk selalu membuat film indie daripada film studio,…

The Handmaiden (Ah-ga-ssi) (2016) Review | Menarik, Lucu, dan Penuh Gairah

Dari Korea Selatan, muncul film yang bener-bener bagus, dan penulis baru tahu bulan ini, padahal ini film sudah dari September lalu. Goddammit, saat bioskop Indonesia tidak menampilkan film bagus, penulis merasa kesal. Kecuali, Train to Busan (2016) sempat muncul sih. The Handmaiden (Ah-ga-ssi) disutradarai oleh  Chan-wook Park (Oldboy), dan dibintangi oleh Min-hee Kim sebagai Lady Hideko, Jung-woo Ha sebagai Count…

10 Film Terbaik 2016 dengan Sinematografi yang (Terlalu) Bagus

Tahun 2016 penuh dengan film-film bagus, tapi ada beberapa saja yang menampilkan sinematografi yang (terlalu) bagus. Jadi, di daftar ini sudah tidak dipertanyakan lagi apakah skenario filmnya bagus atau tidak, yang menjadi persoalannya adalah visual, audio, dan editing serta bagaimana ketiga unsur itu menampilkan cerita ke film.

8 Hal Penting di Rogue One yang Kamu (Mungkin) Gak Tahu

Sebelum baca artikel ini ada baiknya penulis kasi tahu bahwa di sini mengandung: SPOILERS – SPOILERS – SPOILERS Oke, kalo mau membaca review non-spoilers Rogue One, klik di sini. Langsung saja, tanpa basa basi lagi.

Rogue One (2016) Review | Intens, Mendebarkan, dan Sedikit Terburu-Buru

Sebuah film spin-off anthology dari Original Trilogy of Star Wars (A New Hope, Empire Strikes Back, dan Return of the Jedi) tayang dan menjanjikan “rasa” yang berbeda dari film original tersebut? Kenapa enggak? It’s Star Wars movie, man. I’m a die-hard fan of Star Wars btw. Rogue One disutradarai oleh Gareth Edwards (Monsters, Godzilla), dan dibintangi oleh…

Headshot (2016) Review | Film Aksi Kasar dengan Screenplay yang Mantap

Review film Indonesia pertama nih buat penulis, untungnya film action ini asli bagus. Jarang-jarang kan film Indonesia dengan aksi dan cerita yang bagus. It’s kinda sad, actually. Headshot disutradarai oleh  Kimo Stamboel dan  Timo Tjahjanto (The Mo Brothers), dan dibintangi oleh Iko Uwais, Chelsea Islan, Julie Estelle, dan Sunny Pang. Mulai dari The Raid (2011), kalo ada film nampilin Iko Uwais, langsung…

Review Allied (2016) | Cerita Old-Fashioned Dibuat dengan Bagus dan Bergaya

Saat nonton ini, penulis merasa ada kesamaan nuansa film dengan Casablanca (1942) dan beberapa film klasik Alfred Hitchcock. Dikarenakan cerita film ini dibawakan hampir memiliki gaya penceritaan dan inti cerita yang familiar dengan film-film tersebut. Oh, I miss the good ol’ days where movies have no sequels and remakes. Allied disutradarai oleh  Robert Zemeckis (Forrest Gump, Back…